Sejumlah 1882 Calhaj Asal Garut Mendapat Bimbingan Pramanasik

Sejumlah 1882 Calhaj Asal Garut Mendapat Bimbingan Pramanasik
Editor: Malda Religi —Minggu, 15 Maret 2020 23:41 WIB

terasjabar.id - Guna memahami tata cara berhaji yang baik dan benar, ribuan calon jamaah haji (calhaj) asal Kabupaten Garut mengikuti bimbingan pramanasik haji, dan mendapat bimbingan Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman di Gedung Pendopo, Kelurahan Paminggir, Kecamatan Garut Kota, Minggu (16/03/2020).

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Garut, Drs. H. Undang Munawar, M.Pd, menyebutkan, tahun ini jumlah calhaj asal Kabupaten Garut mencapai 1.882 orang/Jemaah. Sekain itu, dirinya mengapresiasi kepada pemerintah Jawa Barat dan Kepala Kanwil Kementrian Agama atas terlaksananya pramanasik haji ini.

“Pendaftar jemaah haji di Kabupaten garut per Maret 2020 sebanyak 29.185 jemaah, dengan lama masa tunggu sekitar 16 tahun, dan yang daftar hari ini menunggu 16 tahun yang akan datang,” ucapnya.

Dalam pelayanan dan pemberangkatan jemaah haji dari embarkasi ke daerah jemaah haji Kabupaten Garut berjalan lancer, berkat kerja sama Kementrian Agama Kabupaten Garut dan pemerintah daerah.

“Mohon dukungan dari semua pihak mudah-mudahan pelaksanaan haji pada tahun ini berjalan dengan lancer,” pinta H. Undang, kegiatan pramanasik calhaj berjalan dengan baik, dan meminta seluruh calhaj untuk bisa mengikuti berbagai rangkaian kegiatan, yang selanjutnya akan dilakukan manasik di masing-masing KBIH.

Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman mengatakan, terselenggaranya kegiatan pramanasik haji bagi calhaj asal Kabupaten Garut itu menunjukkan kerja sama yang baik antara Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat dan Kemenag Kabupaten Garut.

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk mempersiapkan manasik haji, yang nantinya akan membantu para jamaah calon haji dalam memahami tata cara berhaji yang baik dan benar,” ucapnya.

Dengan pemahaman yang benar lanjut Helmi, calhaj nantinya dapat melaksanakan seluruh tahapan serta rukun ibadah haji dengan lebih mudah, dan lancar dan selalu mengedepankan kesehatan, mulai dari kita.

“Mengingat kita sedang di uji sama Allah dengan datangnya wabah penyakit corona, diharapkan kita lebih rutin melaksanakan olahraga dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat,” ujarnya.

Wabup Helmi mengucapkan selamat mengikuti pembekalan, dan pencerahan. SSkali lagi merupakan peluang untuk kita bersama mencapai visi misi Kabupaten Garut Menuju Kabupaten Garut Bertaqwa Maju dan Sejahtera.

“Jangan lupa berdoa untuk Kabupaten Garut yang berkah dan sejahtera,” pintanya.

Sementara itu, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Prof. Nizar, M.Ag., mengatakan, kegiatan pramanasik haji ini sudah lakukan di 9 provinsi , di setiap Kabupaten/Kota. Namun pelaksanaannya ada beberapa Kabupaten/Kota yang di dahulukan, karena kuotanya dibawah 500 jadi digabungkan hingga 1.500 kuota.

“Kabupagen Garut mengalami penurunan dari sisi kuantitas, namun kualitas tidak ada penurunan. Bukan kuotanya yang dikurangi, tapi alokasinya yang dibagi untuk para lansia,” jelasnya.

Nizar sangat terharu, melihat semangat para calon jemaah haji, ketika menyanyikan lagu Indonesia Raya. Mereka tidak terlihat lelah, penuh dengan semangat.

“Mudah-mudahan dengan semangatnya ini, membawa semua calon jemaah haji ini menjadi haji mabrur,” harapnya. (Jajang Sukmana)***

Sejumlah 1882 Calhaj Asal Garut Mendapat Bimbingan Pramanasik


Loading...