BNPB Apresiasi Langkah Pemkab Garut dalam Penanganan Covid-19

BNPB Apresiasi Langkah Pemkab Garut dalam Penanganan Covid-19
Editor: Malda Pemerintahan —Rabu, 12 Agustus 2020 18:25 WIB

garut.terasjabar.id - Bupati Garut Rudy Gunawan, Rabu (12/08/2020) melakukan kegiatan kunjungan kerja ke kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), didampingi Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Firman Karyadin, Sekretaris BPBD Fahrevi Firdaus, ST., dan Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Daris Hilman, SE., MM., Bupati diterima langsung oleh Kepala BNPB Letjen Doni Munardo, di Garaha BNPB, Jalan Pramuka Kav. 38 Jakarta Timur.

Saat Pertemuan dengan Kepala BNPB, Bupati Garut Rudy Gunawan melaporkan tentang perkembangan penangulangan Covid-19 dan mitigasi bencana di Kabupaten Garut. Dalam pertemuan itu dibahas pula persiapan menghadapi musim kemarau, penanganan Iahan kritis, dan Early Warning System (EWS) atau Sistem Peringatan Dini Kebencanaan.

”Kami diterima langsung Kepala BNPB Letjen Doni Munardo, dan dalam pertemuan itu disampaikan langkah–langkah konkret Pemerintah Kabupaten Garut dalam penanganan Covid–19 dan mitigasi kebencanaan, Alhamdulillah respon beliau sangat positif dan mengapresiasi apa yang dilakukan Pemkab Garut,” kata Bupati Garut usai pertemuan.

Menurut Bupati, dalam penanganan bencana perlu adanya sinergitas yang dibangun antara daerah, dalam hal ini Kabupaten Garut dengan BNPB

Sementara itu Kepala BNPB Letjen Doni Munardo mengatakan, langkah Gugus Tugas Covid-19 Pemkab Garut dinilainya sangat baik dan profesional. Ia juga berharap upaya dan langkah yang telah dilakukan, seperti testing, tracing, tracking dan treatment untuk terus ditingkatkan. BNPB akan membantu sesuai dengan kemampuannya, seperti penyediaan alat swab, mobil tangki air, mobil toilet portable, dan membantu dalam identifikasi pemetaan rawan bencana gempa Sesar Garsel atau patahan Garsel.

Untuk identifikasi dan pemetaan ini, Doni mengingatkan, akan adanya prediksi potensi Sesar Gasel, yaitu sesar kegempaan yang akan melintas di Garut bagian selatan, seperti tertera dalam peta risiko kebencanaan Jawa Barat yang menyambung ke sesar Lembang.

Pemkab Garut diminta mengambil langkah segera menyiapkan dalam mitigasi bencana, semisal dengan memasang patok dan tanda bahaya, termasuk di kemiringan 30 derajat lebih agar dilakukan reboisasi tanaman keras. (Jajang Sukmana/mediacenter.garutkab.go.id)***

BNPB Apresiasi Langkah Pemkab Garut dalam Penanganan Covid-19


Loading...