Wujud Patuhi Protokol Kesehatan, Musrenbang di Kecamatan Pasirwangi Gunakan Metaplan Digital

Wujud Patuhi Protokol Kesehatan, Musrenbang di Kecamatan Pasirwangi Gunakan Metaplan Digital
Editor: Malda News —Rabu, 3 Februari 2021 19:12 WIB

Terasgarut - Kabupaten Garut telah resmi memulai kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan di setiap kecamatan yang tersebar di wilayah Kabupaten Garut.

Kecamatan Pasirwangi merupakan salah satu kecamatan yang menyelenggarakan Musrenbang dengan memunculkan inovasi, dimana penentuan kegiatan prioritas cukup dengan mengisi google form yang sudah disediakan oleh pihak kecamatan.

Inisiasi ini dihadirkan oleh Camat Pasirwangi, Saeful Hidayat, guna mewujudkan protokol kesehatan khususnya menghindari kerumunan jika musrenbang dilakukan secara tatap muka.

"Musrenbang kecamatan dan desa dilakukan dengan metode metaplanning, metode ini tentunya harus menghadirkan banyak orang dan untuk terlibat di dalam menentukan prioritas kegiatan sesuai dengan dimensi yang telah ditentukan dan hal ini tidak memungkinkan dimasa pandemi," ujar Saeful saat ditemui di Kantor Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, Selasa (2/2/2021).

Penggunaan media digital dengan mengisi Google Form ini, lanjut Saeful, sangat mudah, efektif, dan rekap penetuan nilai pringkatnya bisa langsung diketahui oleh pihak desa.

"Kita lakukan penentuan kegiatan prioritas melalui media digital yaitu dengan googleform yang sangat mudah tapi efektif dan rekap penentuan nilai peringkat dapat diketahui langsung secara update karena metode penghitungannya dilalukan secara otomatis melalui sistem yang ditampilkan secara grafis," tuturnya.

Saeful mengungkapkan, melalui metaplan digital ini antusias warga yang mengisi Google Form diapresiasi warga, di mana dalam musrenbang ini sebanyak 551 responden mengisi google form untuk menyampaikan harapan dan usulan mereka tanpa harus ada tatap muka.

"Ide ini digunakan dalam rangka bagaimana dimasa pandemi ini masyarakat tetap tidak kehilangan haknya dalam menyampaikan harapan dan usulan mereka tapi menghindari terjadinya kerumunan dan alhamdulilah justru lebih antusias dimasa normal saja belum tentu bisa melibatkan 551 orang tapi dengan media ini jauh lebih banyak tingkat partisipasinya," pungkasnya. (*)

Wujud Patuhi Protokol Kesehatan Musrenbang di Kecamatan Pasirwangi Gunakan Metaplan Digital


Loading...