Keren, SMKN 1 Garut Bisa Jadi Inspirasi SMK di Jawa Barat

Keren, SMKN 1 Garut Bisa Jadi Inspirasi SMK di Jawa Barat
Editor: Malda Sekolahku —Sabtu, 20 Februari 2021 14:46 WIB

Terasgarut - Untuk memastikan Jabar Bergerak di bidang pendidikan, melalui Program SMK Membangun Desa, Ketua sekaligus pendiri Jabar Bergerak, Atalia Praratya Ridwan Kamil beserta rombongan mengunjungi Civitas SMKN 1 Garut, sebagai sekolah Centre of Excellent (COE).

Dengan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19, rombongan diterima langsung Kepala SMKN 1 Garut, Komite, Kepala KCD Wilayah XI, Wakil Bupati Garut, Kadisdik Kabupaten Garut, Ketua Tim Penggerak PKK bersama Camat Tarogong Kidul, Ketua Jabar Bergerak Kabupaten Garut, dan lainnya di area terbuka “Sasana Wibawa Mukti” SMKN 1 Garut, Jl. Cimanuk No. 309A, Kelurahan Sukagalih, Kecamatan Tarogong Kidul, Jum'at (19/02/2021).

Gambar

H. Bejo Siswoyo, S.TP., M.Pd.


Ketua Jabar Bergerak, Atalia Praratya Ridwan Kamil mengapresiasi atas langkah SMKN 1 Garut yang telah memberi bukti nyata dalam program SMK Membangun Desa, membantu kebutuhan khususnya masyarakat desa kearah lebih maju.

“Pak Bejo idenya luar biasa, melalui Program SMK Membangun Desa, SMKN 1 Garut dapat membantu masyarakat secara langsung, ini keren sekali. Dengan mendorong membangun desa ini, saya kira ini paling keren sedunia,” ungkap Atalia, ini bisa jadi inspirasi SMK di Jawa Barat.

Selain itu, Atalia juga mengapresiasi program-progam yang dimiliki oleh SMKN 1 Garut, diantaranya listrik tenaga surya dan listrik tenaga angin.


“Program ini bisa menjadi solusi bagi masyarakat desa yang masih kekurangan pasokan listrik. SMKN 1 Garut ini luar biasa, membuat merinding, karena dengan adanya hal seperti ini,” ujar Atalia, yang terkagum-kagum dengan banyaknya kata-kata inovasi di SMKN 1 Garut untuk saling mengingkatkan.

Diketahui, SMKN 1 Garut sebagai sekolah Centre of Excellent (COE) telah mengimplementasikan serta merealisasikan Program Direktorat Kemendikbud RI SMK Membangun Desa.

Gambar

Terbukti SMKN 1 Garut telah bersinergi dengan pemerintahan di lingkungannya, kolaborAksi SMK Membangun Desa dengan memberi manfaat dan dirasa oleh masyarakat dalam wujud pelatihan membuat sabun cuci piring dengan Kader PKK, pembuatan tower untuk penguatan jaringan internet, pemanfaatan biogas, listrik tenaga surya dan listrik tenaga angin.

“Alhamdulillah, kami telah bertemu dengan Pak Camat Tarogong Kidul dan melakukan MoU, untuk berkolaborasi bersama-sama membangun desa dan kelurahan yang ada di kecamatan Tarogong Kidul, melalui Program SMK Membangun Desa,” terang Kepala SMKN 1 Garut, H. Bejo Siswoyo, S.TP., M.Pd., dan mengucap syukur Alhamdulillah, khususnya civitas SMKN 1 Garut merasa sangat bahagia, atas kehadiran Ketua Jabar Bergerak.

Kenapa harus desa? kata H. Bejo, karena tidak ada anak-anak atau guru-gurunya yang dipanggil dari kecamatan, semuanya dipanggil dari desa atau kelurahan. Dan Program SMK Membangun Desa hanya dapat implementasikan dan direalisasikan dalam wilayah sekolah itu berada. 

Gambar

"Jika ada permintaan dari kecamatan lain, itu bisa saja kita lakukan MoU, asalkan di dalam wilayahnya, benar-benar telah selesai,” pungkasnya.

Dalam kesempatan ini, Ketua Jabar Bergerak, Atalia Praratya Ridwan Kamil bersama Tikomdik Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, menyerahkan hadiah kepada Siswa dan Guru SMKN 1 Garut, yang berhasil meraih juara Video Story Telling tingkat Jawa Barat, yaitu Yesha Novita Rusmana sebagai Juara 1 Kategori Siswa dan Zahir Zausaq, S.Pd., sebagai Juara 3 Ketagori Guru.

Dilanjutkan meninjauan produk SMKN 1 Garut dalam rangka mengimplementasikan Program SMK Membangun Desa yang salah satunya adalah pembuatan sabun cuci piring dan pemanfaatan biogas untuk masyarakat desa. (Jajang Sukmana)

Garut Atalia Praratya Ridwan Kamil SMK Desa SMKN 1 Garut


Loading...