Ustadz. Roni Thabroni, "KEISLAMAN DAN POTENSI MANUSIA"

Ustadz. Roni Thabroni,
Editor: Malda Religi —Sabtu, 23 Februari 2019 18:24 WIB

Terasgarut.id - Salahsatu Pemateri dalam acara Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) IPM se-Kec. Cibatu dan Kersamanah adalah Ustadz. Roni Thabroni Anggota Korp Mubaligh Muhammadiyah Garut dengan mengambil judul "Keislamanan dan Potensi Manusia".


Dikatakannya bahwa pada diri manusia memiliki/terdiri 3 bentuk, yaitu :

  1 .JASAD, dengan vitaminnya adalah atthoam (makanan), untuk itu hendaknya setiap manusia bisa memakan makanan dan minuman yang halal dan bersih (halalan thoyiban).


2 . Aqal  dengan Vitaminnya adalah ilmu, untuk itu setiap manusia berkewajiban mencari ilmu yang sebanyak-banyaknya sehingga bisa membedakan mana yang haq dan bathil, benar dan salah, ingat bahwa Allah SWT akan mengangkat derajat orang-orang beriman dan berilmu dengan beberapa derajat. Ujarnya penuh semangat.

 

Selanjutnya di tuturkan Ustadz. Roni yang juga berprofesi sebagai Guru di SMA Al-Madinah Cibatu, Point yang ke 3 bahwa pada diri Manusia ada Arruh dengan vitaminnya adalah adzikru (selalu mengingat Allah). Untuk itu setiap manusia dianjurkan untuk selalu mengingat Allah dengan cara berdzikir, bertahmid (mengucapkan alhamdulilah, bertahil (mengucapkan laillaha illallah) dan beristigfar (mengucapkan astagfirullahal adhim).


Kemudian Ustadz. Roni yang sedang menyelesai program S1 di STAIDA Muhammadiyah Garut menjelaskan tentang 

KEISLAMAN Manusia terdiri dari :


1. Islamul wajhi 

  (menundukan wajah), untuk itu setiap manusia harus bisa menundukan wajahnya artinya tidak boleh sombong karena sesungguhnya pangkat, jabatan dan kedudukan yang kita miliki hanya titipan dari Allah SWT, Ketika yang punyaNya mengambilnya, maka tidak ada yang bisa menolaknya.


2. Al-istislam (berserah diri), untuk itu setiap manusia harus berserah diri kepada Allah dengan cara memperbanyak ibadah dan selalu berharap dalam setiap kegiatannya untuk mengharapkan Ridho Allah SWT.


3. As-Salamah (suci bersih), untuk setiap manusia harus suci pikirannya dan bersih hatinya, tidak iri dengki kepada manusia lainnya, ingat bahwa harta yang kita memiliki juga merupakan titipan dari Allah Tuhan yang Maha Kaya. Ungkapnya penuh bijaksana.


Point ke 4 di katakan Roni yang menjabat sebagai Pengurus BPD Kertajaya adalah As-Salam (selamat sejahtera), untuk itu setiap manusia kalau ingin selamat dan sejahtera harus menjaga lisannya jangan sampai bertutur kata yang kasar, kotor dan tidak bermoral, sedangkan kalau ingin sejahtera, manusia di perintahkan untuk bekerja, berusaha dan berdo'a.


 5. As-silmu (perdamaian), untuk itu setiap manusia dianjurkan untuk menjaga perdamaian, jangan gontok-gontokan, jangan bercerai berai, umat islam harus bersatu dan kompak dalam memperjuangkan aspirasi umat islam dengan cara memilih pemimpin bangsa dan anggota dewan yang pro terhadap kepentingan umat islam, maka pesan saya pada pemilu 17 april nanti, pilihlah presiden yang didukung oleh para kiyai/ulama, saya tidak akan kampanye, silahkan bebas untuk menentukan pilihan ya, mau pilih nomor satu, tapi kalau saya mah akan nyoblos nomor dua, untuk caleg DPRD Garutnya saya pilih No. 12 Aep Saepudin dari PAN No. 12, Jadi seloganya 12 PAS. Ungkap Bung Roni Thabroni penuh Diplomasi. (Red/Terasgarut:Adi)

Ustadz. Roni Thabroni keislaman dan potensi manusia


Loading...