Gebyar Siliwangi Ngariksa Bumi, Aksi Nyata STAI Siliwangi Garut

Gebyar Siliwangi Ngariksa Bumi, Aksi Nyata STAI Siliwangi Garut
Editor: Admin Sekolahku —Senin, 17 Februari 2020 17:30 WIB

terasjabar.id - Keluarga besar Siliwangi terdiri dari Mahasiswa STAI Siliwangi Garut, TKIT, SDIT, SMPIT, SMK IT Siliwangi serta para dosen dan guru, mengikuti gebyar “Siliwangi Ngariksa Bumi” yang diselenggarakan MAPASIL dan BEMA STAI Siliwangi Garut, Minggu (09/02/2020).

Aksi nyata ini, merupakan bagian dari pendidikan dan penanaman nilai kepedulian serta tanggung jawab dalam menjaga lingkungan, khususnya menjaga kelestarian dan konservasi lahan. 

Sambil mempererat hubungan keluarga melalui rihlah dan tadabur alam, sekaligus menyebarkan semangat mencintai alam. Kegiatan yang luar biasa ini dikemas dalam konsep Educated Family Gathering, dimana orang tua dan peserta didik TK dan SD turut serta mengikuti kegiatan.

Acara dimulai kumpul di kampus, kemudian konvoy melakukan penanaman pohon di kiri kanan jalan baru ByPass Kadungora, Leuwigoong. Dan perjalanan dilanjutkan ke Gunung Kaledong untuk mengikuti Launching Pengembangan Hutan Wisata Edukasi Gunung Kaledong.

Pengembangan Agroforestry di Gunung Kaledong, sebagai upaya terpadu dan sinergi LMDH Sinar Harapan yang dimotori ketuanya H. Koko Ali Permana, S.Pd., MM., serta STAI Siliwangi Garut dan DPC HA IPB Garut. 

Kegiatan ini digagas pada tahun 2018 dan musim tanam di awal tahun 2020 memulai kegiatan penanaman dan penataan areal kawasan agroforestry, baik di kawasan hutan lindung maupun di kawasan tanah milik petani, dengan harapan bisa menjaga kelestarian hutan, meningkatkan nilai ekonomi hutan dan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat sekitar hutan. 

Selain itu, acara dihadiri Adminstrator Perhutani KPH Garut, Nugraha yang mengapresiasi dan mendukung program dan selanjutnya Launching dilakukan Asep Heryanto, Shut., mewakili Kadishut Jawa Barat. 

Ketua STAI Siliwangi Illa Susanti, Shut. M.Pd., yang juga alumni Fakultas Kehutanan IPB menyampaikan bahwa ke depan Gunung Kaledong akan dikembangkan menjadi kawasan hutan wisata edukasi dengan membuat mini arboretum, kebun tanam obat, kebun buah-buahan serta outbond and camping ground. (Jajang Sukmana)***

Gebyar Siliwangi Ngariksa Bumi Aksi Nyata STAI Siliwangi Garut


Loading...